Contoh Proposal

PENDAHULUAN


Latar Belakang
Universitas Indonesia bercita-cita menjadi Universitas riset kelas dunia. Untuk mewujudkan universitas riset diantaranya diperlukan kegiatan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian. Harian The Times Inggris menampilkan hasil survei peringkat perguruan tinggi (PT) terkemuka, dari data tahun 2006 dan 2007 tiga besar dunia diduduki Harvard University (AS), University of Cambridge (Inggris) dan University of Oxford (Inggris). Universitas Indonesia termasuk dalam 500 besar, dimana peringkat UI pada tahun 2006 (ke-250) yang disusul setelahnya adalah ITB (ke-258) dan UGM (ke-270). Sedangkan pada tahun 2007 peringkat UI mengalami penurunan (peringkat ke-395), dibawah UGM (ke-360) dan ITB (ke-369). Parameter yang dinilai diantaranya adalah jumlah dan kualitas penelitian, kualitas pendidikan, kualitas dosen/peneliti, jumlah dan kualitas mahasiswa.

Usaha untuk mewujudkan UI menjadi universitas kelas dunia memang tidak mudah. Kelemahan utama lebih disebabkan oleh motivasi dosen untuk meneliti hanya dikaitkan dengan usaha kenaikan pangkat kepegawaian. Sivitas akademika Universitas Indonesia merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi mampu untuk menulis hasil penelitian tersebut dalam media publikasi baik yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa.

Road map penelitian UI sampai dengan tahun 2012 bersifat lintas dan multidisiplin dengan tema utama “perkotaan” (urban) yang berfokus pada bidang unggulan mutakhir atau yang berada digaris terdepan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni, seperti : Nano Science and Technology, Genome Technology, Information and Communication Technology, Policy Studies dan Indigenous Studies. Dengan adanya acuan kebijakan umum tentang arah pengembangan UI 2007-2012, maka UI melakukan penelitian terapan bersifat inter disiplin atau rumpun ilmu (Kesehatan, Sains-Teknologi, Sosial-Humaniora) yang diarahkan bagi penyelesaian peningkatan kualitas hidup dan peri- kehidupan masyarakat serta pengentasan kemiskinan. UI dalam visinya menjadi universitas riset harus mampu mendorong universitas menjadi sebuah entitas penghasil pengetahuan baru dengan memberikan prioritas yang tinggi pada penelitian.

Untuk menuju peringkat UI yang lebih baik dalam level internasional, diantaranya diperlukan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara internasional oleh dosen ataupun peneliti UI. Untuk hal tersebut diperlukan peningkatan pengetahuan untuk menulis artikel ilmiah internasional, melalui pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional. Dalam hal ini, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI bekerjasama dengan unit riset dan pengabdian masyarakat fakultas atau program pasca sarjana di lingkungan Universitas Indonesia melaksanakan pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional secara terpusat bagi para staf pengajar/dosen/peneliti di Universitas Indonesia, melalui dana isian pelaksanaan anggaran (DIPA-tahun 2008) Dikti. Kegiatan yang dilakukan dikelompokkan dalam tiga rumpun ilmu yaitu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora.

Maksud dan Tujuan

Dalam rangka mengorganisasi kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah yang ada di lingkungan Universitas Indonesia, maka DRPM UI mencoba untuk menyatukan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional secara terpusat dalam rumpun keilmuwan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Memberikan pengetahuan bagi para peneliti yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal internasional, khususnya bagi dosen/peneliti muda
2. Mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah
bagi para dosen/peneliti
3. Menjalin hubungan yang erat antara para peneliti di masing-masing rumpun bidang
penelitian
4. Mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para dosen/peneliti.






Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional ini meliputi Dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah (untuk rumpun ilmu Kesehatan, ilmu Sains-Teknologi, dan ilmu Sosial-Humaniora); Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan karya tulis ilmiah; Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa inggris yang baik dan benar (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora); Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional; Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora); dan Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora).

Metode Penelitian

Metode pelatihan penulisan artikel ilmiah ini meliputi : ceramah, praktik penulisan artikel ilmiah, dan diskusi oleh para ahli di semua rumpun ilmu.

Kategori Pelatihan

Kategori pelatihan yang dilaksanakan oleh DRPM UI terdiri atas :
1. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di rumpun ilmu Kesehatan yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, dan Program Pascasarjana.
2. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di rumpun ilmu Sains dan Teknologi yang terdiri dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, dan Program Pascasarjana.
3. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di rumpun ilmu Sosial-Humaniora yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Budaya.






KEGIATAN PELATIHAN


Sasaran Pelatihan

Sasaran pelatihan ini adalah para staf pengajar/dosen/peneliti yang ada di Universitas
Indonesia.

Materi Pelatihan, Pembicara, dan Fasilitator

No. Materi Pembicara dan Fasilitator
a. Dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora) Abdul Fatah Lauder, M.A

b. Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora) Abdul Fatah Lauder
c. Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa inggris yang baik dan benar (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora) Abdul Fatah Lauder
d. Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional (Elsevier_iGroup)
(untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora) Helwis Tjhai

e. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora) 1. Prof. Jeanne A. Pawitan, Ph. D
2. Dr. Terry Mart
3. Bantarto Bandoro, SH., MA
f. Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)
Fasilitator Rumpun Ilmu Kesehatan
1. Prof. Jeanne A. Pawitan, Ph. D
2. Prof. Dr. Budi Utomo, MPH, Ph.D
3. Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, MSc
4. dr Isnani Azizah Salim Suryono MS
5. Prof. dr Saleha Sungkar DAP&E, MS, SpParK
Fasilitator Rumpun Ilmu Sains-Teknologi
1. Dr. Terry Mart
2. Prof. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng, Dr.Eng
3. Ir. Wahidin Wahab, MS.c, Ph.D
4. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si
5. Dr. Dwi Susilaningsih

Fasilitator Rumpun Ilmu Sosial-Humaniora
1. Bantarto Bandoro, SH., MA
2. Arianto Arif Patunru, Dr.
3. Prof. Dr. Melani Budianta
4. Yetty Komalasari Dewi SH., ML.I
5. Dr. Dra. Sulistyowati Suwarno M.A
6. Abdul Fatah Lauder, M.A

Waktu dan Tempat Pelatihan

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional ini diadakan pada tanggal 21-23 Juli 2008, selama satu hari per rumpun ilmu (Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora). Pelatihan ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu di ITTC Gd. IASTH, Lt.2 kampus UI Salemba (untuk rumpun ilmu Kesehatan) dan di ITTC Gd. A, Perpustakaaan Pusat Kampus UI Depok (untuk rumpun ilmu Sains-Teknologi dan Sosial-Humaniora).
Rangkaian Pelatihan ini dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Draft Artikel selama 4 hari yaitu pada tanggal 4 Agustus untuk fasilitator Arianto Arief Patunru SE, MSc, PhD; Dr. Dra. Sulistyowati Suwarno M.A; dan Yetty Komalasari Dewi SH., ML.I. Pada tanggal 5 Agustus untuk fasilitator Prof. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng, Dr.Eng; Dr. Terry Mart; Ir. Wahidin Wahab, M.Sc., Ph.D; Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si; dan Bantarto Bandoro, SH., MA. Tanggal 6 Agustus 2008 untuk fasilitator Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E, MS, Sp. Par (K); dr. Isnaini Azizah Salim Suryono, MS; dan pada tanggal 7 Agustus 2008 untuk fasilitator Prof. Dr. Melani Budianta; Prof. Budi Utomo, MPH, Ph.D. Kegiatan bimbingan tersebut diadakan di Gedung DRPM UI Lantai Dasar kampus UI Depok, dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Persyaratan Bagi Peserta Pelatihan

1. Lebih baik jika sudah mempunyai draft artikel
2. Membawa contoh jurnal Internasional atau contoh format artikel Jurnal Internasional yang menjadi tujuan publikasi (jika ada)
3. Seluruh biaya pelatihan ditanggung oleh DRPM UI melalui dana isian pelaksanaan anggaran (DIPA-tahun 2008) Dikti
4. Sertifikasi bagi peserta diberikan apabila yang bersangkutan mengikuti seluruh kegiatan yang dijadwalkan.


Jadwal Kegiatan

Hari Pertama
Waktu dan Tempat : Senin, 21 Juli 2008 bertempat di ITTC Gd. IASTH, Lt.2
kampus UI Salemba

Rumpun Ilmu Kesehatan
Pembukaan
08.00-08.30 : Registrasi
08.30-08.45 : Sambutan Direktur DRPM UI sekaligus membuka kegiatan pelatihan (Bachtiar Alam, PhD)
Presentasi
08.45-09.45 : Dasar-dasar penulisan artikel ilmiah ilmu Kesehatan
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Dr. Budiarso, M.Eng
09.45-10.00 : Rehat Kopi
10.00-11.00 : Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Bachtiar Alam, Ph.D.
11.00-12.00 : Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inggris yang baik dan benar
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Bachtiar Alam, Ph.D
12.00-13.00 : Ishoma
Diskusi Panel
13.00-13.30 : Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional
Pembicara : Helwis Tjhai (Elsevier - Library Connect)
Moderator : Dr. Budiarso M.Eng.
13.30-14.30 : Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional
Pembicara : Prof. Jeanne A. Pawitan, Ph.D
Moderator : Dr. Budiarso M.Eng.



Workshop
14.30-16.00 : Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing- masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional
Semua Fasilitator :
1. Prof. Jeanne A. Pawitan, Ph. D
2. Prof. Dr. Budi Utomo, MPH, Ph.D
3. Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, MSc
4. dr Isnani Azizah Salim Suryono MS
5. Prof. dr Saleha Sungkar DAP&E, MS, SpParK
Penanggung Jawab : Dr. Yoki Yulizar dan Dr. Budiarso, M.Eng
Penutupan
16.00-16.15 : Rehat Kopi
16.15-16.30 : Penutupan oleh Direktur DRPM UI (Bachtiar Alam, PhD)

Hari Kedua
Waktu dan Tempat : Selasa, 22 Juli 2008 bertempat di ITTC Gd. A, Perpustakaan Pusat-Kampus UI Depok

Rumpun Ilmu Sains-Teknologi
Pembukaan
08.00-08.30 : Registrasi
08.30-08.45 : Sambutan Direktur DRPM UI sekaligus membuka kegiatan pelatihan (Bachtiar Alam, Ph.D)
Presentasi
08.45-09.45 : Dasar-dasar penulisan artikel ilmiah ilmu Sains-Teknologi
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Fatma Lestari, PhD
09.45-10.00 : Rehat Kopi
10.00-11.00 : Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Fatma Lestari, PhD
11.00-12.00 : Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inggris yang baik dan benar
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Fatma Lestari, PhD
12.00-13.00 : Ishoma
Diskusi Panel
13.00-13.30 : Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional
Pembicara : Helwis Tjhai (Elsevier - Library Connect)
Moderator : Dr. Yoki Yulizar
13.30-14.30 : Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional
Pembicara : Dr. Terry Mart
Moderator : Dr. Yoki Yulizar
Workshop
14.30-16.00 : Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing- masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional
Semua Fasilitator :
1. Dr. Terry Mart
2. Prof. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng, Dr.Eng
3. Ir. Wahidin Wahab, MS.c, Ph.D
4. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si
5. Dr. Dwi Susilaningsih
Penanggung jawab : Dr. Yoki Yulizar dan Dr. Budiarso, M.Eng
Penutupan
16.00-16.15 : Rehat Kopi
16.15-16.30 : Penutupan oleh Direktur DRPM UI (Bachtiar Alam, Ph.D)



Hari Ketiga
Waktu dan Tempat : Rabu, 23 Juli 2008 bertempat di ITTC Gd. A, Perpustakaaan
Pusat-Kampus UI Depok

Rumpun Ilmu Sosial-Humaniora
Pembukaan
08.00-08.30 : Registrasi
08.30-08.45 : Sambutan Direktur DRPM UI sekaligus membuka kegiatan pelatihan (Bachtiar Alam, Ph.D)

Presentasi
08.45-09.45 : Dasar-dasar penulisan artikel ilmiah ilmu Sosial-Humaniora
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Tirta N. Mursitama, Ph.D
09.45-10.00 : Rehat Kopi
10.00-11.00 : Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Tirta N. Mursitama, Ph.D
11.00-12.00 : Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inngris yang baik dan benar
Pembicara : Abdul Fatah Lauder, M.A
Moderator : Tirta N. Mursitama, Ph.D
12.00-13.00 : Ishoma
Diskusi Panel
13.00-13.30 : Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional
Pembicara : Helwis Tjhai (Elsevier - Library Connect)
Moderator : Bachtiar Alam, Ph.D
13.30-14.30 : Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional
Pembicara : Bantarto Bandoro, SH., MA
Moderator : Tirta N. Mursitama, Ph.D
Presentasi
14.30-16.00 : Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing- masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional
Semua Fasilitator :
1. Bantarto Bandoro, SH., MA
2. Arianto Arif Patunru, Dr.
3. Prof. Dr. Melani Budianta
4. Yetty Komalasari Dewi SH., ML.I
5. Dr. Dra. Sulistyowati Suwarno M.A
6. Abdul Fatah Lauder, M.A
Penanggung Jawab : Tirta N. Mursitama, Ph.D, Dr. Yoki Yulizar, dan Dr. Budiarso, M.Eng

Penutupan
16.00-16.15 : Rehat Kopi
16.15-16.30 : Penutupan oleh Direktur DRPM UI (Bachtiar Alam, Ph.D)

Dana Pelatihan
Biaya untuk pelatihan ini dibiayai dari DRPM UI melalui dana isian pelaksanaan anggaran (DIPA-tahun 2008) Dikti.

Kepanitiaan
Penanggung Jawab : Bachtiar Alam, PhD (Direktur DRPM UI)

Panitia Pengarah : 1. Bachtiar Alam, PhD (Direktur DRPM UI)
2. Dr. Budiarso, M. Eng (Wakil Direktur DRPM UI)

Panitia Pelaksana :
1. Ketua : Dr. Yoki Yulizar
Wakil Ketua : Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D
Tirta N. Mursitama, Ph.D
2. Sekretariat dan Registrasi : AAA. Ratna Dewi, Msi., Ak
Lenny Maykel Muliawati, SKM
Vera Andriyani, SKM
Dwi Dharmaningsih, S.Kp
Wanti Wulandari, S.Si
3. Undangan : Cucu Sukaesih
Lenny Maykel MW, SKM
Krestika Widyana D.S, Amd
Dina Nur Wulandari, S.Kp
4. Bendahara/Konsumsi : Rr. Tutik Sri Hariyati Skp., MARS
Melly Riana, SKM
Almira Gitta
5. Acara/Persidangan : Suharti, Amd
Frieda
Ayu
Ns. Aklia Suslia, S. Kep
Amalia Kamila, S. Si
6. Publikasi/Dokumentasi : Ahmad Nizhami, S.Si
Agung Citra
Raditya Margi
M. Prabu W
7. Perlengkapan/Akomodasi : Sudarmaji, M.Si
Mukhlis Sutami, S.Pd
Maman Suherman
Yusuf
Iwan
8. Panitia Penyusun Materi :
Bachtiar Alam, Ph.D (DRPM UI)
Dr. Budiarso, M. Eng (DRPM UI)
Dr. Yoki Yulizar (DRPM UI)
Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D (DRPM UI)
Tirta N. Mursitama, Ph.D (DRPM UI)

Uraian Tugas Kepanitiaan
● Penanggung Jawab :
Bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan pelatihan (Penulisan Artikel
Ilmiah untuk Jurnal Internasional).

● Panitia Pengarah :
1. Memberikan pengarahan dan memantau berlangsungnya kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan.

● Ketua dan Wakil Ketua :
1. Merencanakan dan menyusun kegiatan pelatihan yang akan dilakukan
2. Memberi pengarahan kepada anggota panitia lainnya tentang kegiatan
pelatihan yang akan dilangsungkan
3. Memberi masukan materi dan pembicara pada pelatihan yang akan dilaksanakan
4. Mengkoordinasi seluruh kegiatan pelatihan dengan seluruh tim kerja sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan.


● Kesekretariatan/Registrasi/Undangan :
1. Mengkoordinasi dan mempersiapkan surat menyurat dan pengirimannya dari persiapan sampai selesai;
2. Mempersiapkan undangan ke pembicara untuk tiap sesi pelatihan;
3. Mempersiapkan undangan ke peserta, yaitu para staf pengajar/peneliti/dosen dari tiap fakultas di Lingkungan UI;
4. Memastikan jumlah peserta dengan mengkonfirmasi kehadiran calon peserta dan membuat daftar peserta untuk disampaikan kepada bagian registrasi;
5. Menyiapkan daftar peserta dan memonitor kehadiran peserta;
6. Menyiapkan materi pelatihan untuk para peserta, dan pada hari pelaksanaan sudah tersedia pada meja registrasi;
7. Menyiapkan segala bentuk informasi;
8. Mengkonfirmasi kepada moderator;
9. Menyiapkan daftar peserta;
10. Membuat notulensi rapat;
11. Membuat arsip kegiatan Pelatihan (Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional)
12. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan pelatihan (Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional).

● Bendahara/Konsumsi :
1. Menyiapkan anggaran dan permohonan pencairan dana ke pihak Dir.
keuangan UI;
2. Menangani masalah keuangan untuk peminjaman ruang ITTC Gd. A, Perpus Pusat dan Laboratorium komputer Lt.2, Gd. BNI Program Pascasarjana, kampus UI Salemba
3. Mengatur aliran dana/cashflow dana;
4. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;
5. Memastikan dan memonitor jumlah makanan yang dipesan baik untuk unit setiap rehat maupun makan siang;
6. Check kesiapan ruang untuk rehat dan makan siang.







● Acara/Persidangan
1. Mengatur jalannya pelatihan, sesi/presentasi;
2. Menyiapkan acara dan Memonitor jalannya acara;
3. Menghubungi dan meminta konfirmasi pembicara;
4. Memastikan keberadaan moderator;
5. Memastikan file presentasi peserta sudah di copy ke CPU komputer;
6. Bila dianggap perlu maka bisa menggantikan posisi moderator.
7. Mendampingi tamu undangan;
8. Menyiapkan MC.

● Perlengkapan/Akomodasi
1. Menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam ruangan, seperti : LCD, Komputer/lap top, kabel gulung, sound sytem, pengaturan meja dalam ruang, timer, pointer, layar, menyiapkan meja registrasi dan perlengkapannya, dan mengatur dekorasi;
2. Memasang Back-Drop dan Spanduk;
3. Mengurus ijin pemasangan ke UPT PLK UI;
4. Memastikan kesiapan ruangan dan perlengkapannya, di hari pelaksanaan.

● Dokumentasi/Publikasi
1. Menyiapkan bahan-bahan materi yang akan dipresentasikan;
2. Mengatur format;
3. Menyiapkan dan membuat disain materi publikasi (backdrop, spanduk, flayer);
4. Mencari dan mengabadikan momen-momen penting.

● Panitia Penyusun Materi:
Mempersiapkan dan meyusun bahan materi pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk
jurnal Internasional, yang terbagi dalam rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi,
dan Sosial-Humaniora.






Jadwal Pelatihan
1. Persiapan :
a. Melakukan pembuatan proposal untuk diajukan ke pimpinan DRPM UI
b. Peserta diprioritaskan adalah staf pengajar/dosen/peneliti di lingkungan UI
c. Sosialisasi kegiatan pelatihan ke setiap fakultas dan program pascasarjana di
lingkungan UI

2. Pelaksanaan
Jadwal pelatihan terlampir

3. Evaluasi
Dilakukan pada akhir pelatihan agar dapat diketahui kekurangan dan kelebihan
dari pelatihan, sehingga pelatihan berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik.



















ANALISIS KEGIATAN


Pelatihan Tanggal 21-23 Juli 2008

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional diadakan selama 3 hari per rumpun ilmu, yaitu pada tanggal 21 Juli untuk rumpun ilmu kesehatan, 22 Juli untuk rumpun ilmu sains-teknologi, dan 23 Juli 2008 untuk rumpun ilmu sosial-humaniora. Pelatihan ini diadakan di dua tempat, pada tanggal 21 Juli 2008 pelatihan diadakan di Gedung IASTH Lt.1 dan 3, PascaSarjana kampus UI Salemba. Sedangkan pada tanggal 22&23 Juli 2008 pelatihan diadakan di Gedung ITTC Pusat Lt.3 dan Ruang Lab.Komputer Lt.1 Perpustakaan Pusat kampus UI Depok. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 217 peserta yang terdiri dari 98 peserta dari rumpun ilmu kesehatan, 56 peserta dari rumpun ilmu sains-teknologi, dan 63 peserta dari rumpun ilmu sosial-humaniora. Sedangkan jumlah peserta yang datang dan mengikuti pelatihan ini sebanyak 179 peserta (untuk ke tiga rumpun ilmu), dan draft artikel yang dikumpulkan sebanyak 48 draft (terdapat pada lampiran A).

Pada hari pertama, Pelatihan di buka oleh Dr. Budiarso M.Eng selaku wakil direktur DRPM UI. Pelatihan hari pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB dan dihadiri oleh 76 peserta, yang terdiri dari 6 orang dari Fakultas Ilmu Keperawatan, 16 orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, 1 orang dari Program Pascasarjana, 26 orang dari Fakultas Kedokteran, dan 27 dari Fakultas Kedokteran Gigi. Pada sesi pertama materi yang diberikan adalah Dasar-Dasar Penulisan Artikel Ilmiah dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A (Lampiran 1 : Getting Your research Published Internationally, 1 Strategies for getting your research article (RA) published internationally, 3 Targeting specific journals in your field : A demonstration) dan dimoderatori oleh Dr. Budiarso M.Eng. Kemudian acara diselingi dengan rehat kopi yang kemudian dilanjutkan materi tentang Hal-hal yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan Dalam Penulisan Artikel Ilmiah (Lampiran 2 : 3 Demonstration on Citation Management), dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A dan dimoderatori oleh Bachtiar Alam, Ph.D. Sesi selanjutnya adalah materi tentang Penulisan Artikel Ilmiah dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar (Lampiran 3 : 2 Writing Research Articles (Ras) in English) dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A dan dimoderatori oleh Bachtiar Alam, Ph.D.

Setelah pembicara A. Lauder selesai, materi selanjutnya di isi oleh perwakilan dari i_Group dengan judul Kiat Penyampaian Artikel Ilmiah ke Jurnal Internasional (Lampiran 4 : Guidelines for International Journal Contributors) yang diberikan oleh Helwis Tjhai dan dimoderatori oleh Dr. Budiarso M.Eng. Dalam sesi keempat ini ada pertanyaan dari Prof. Jeanne A. Pawitan Ph.D, yang secara lengkap dapat terangkum di bawah ini :
• Jeanne dari FK : Adakah definisi yang baku dari Jurnal Internasonal?
• Helwis Tjhai : Tidak ada definisi yang baku. Yang jelas asal setidaknya menulis berupa abstrak, itu sudah bisa di katakan jurnal internasional jika minimal dimasukkan ke dalam jurnal online.
Sebelum ke materi selanjutnya acara diselingi dengan ISHOMA, pada pukul 12.00-13.00 WIB. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi dari Prof. Dr. Jeanne A. Pawitan tentang Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional (Lampiran 5 : Pengalaman penulisan artikel ilmiah jurnal internasional untuk rumpun ilmu kesehatan) dan dimoderatori oleh Dr. Budiarso M.Eng. Pada sesi ini ada pertanyaan dari peserta yang kami rangkum sebagai berikut :
• No name, FIK : Jika artikel ditulis lebi dari 1 orang, apakah kesemuanya harus membubuhkan tanda tangan atau tidak?
Prof. Jeanne : Tergantung jurnal, ada yang meminta ada pula yang tidak.

Pada sesi terakhir para peserta pindah ruangan menuju ke ruang komputer untuk melakukan penyusunan draft artikel dalam bahasa Inggris, yang dibimbing oleh fasilitator dari masing-masing fakultas atau bidang ilmu yang ada dengan penanggung jawab kegiatan ini adalah Dr. Yoki Yulizar dan Dr. Budiarso M.Eng.

Sedangkan pada hari kedua, pelatihan dibuka oleh Bachtiar Alam, PhD selaku Direktur DRPM UI. Pelatihan hari kedua dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB. Dihadiri oleh 37 peserta dari rumpun ilmu sains-teknologi yang terdiri dari 5 orang dari Fakultas Ilmu Komputer, 11 orang dari Fakultas Teknik, 19 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan 2 orang dari Program Pascasarjana. Pada sesi pertama materi yang diberikan adalah Dasar-Dasar Penulisan Artikel Ilmiah (Lampiran 6 : Getting Your research Published Internationally, 1 Strategies for getting your research article (RA) published internationally, 3 Targeting specific journals in your field : A demonstration) dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A dan dimoderatori oleh Fatma Lestari, PhD. Dalam sesi ini ada beberapa pertanyaan dari para pesrta yang kami rangkum sebagai berikut :
• Yugo, Fasilkom : Apakah editor melakukan check and re-check terhadap kemungkinan terjadinya plagiarsm?
Mr. Lauder : Editor tidak melakukan check and re-check terhadap kemungkinan plagiarsm. Selain itu juga terdapat perbedaan budaya tentang plagiarsm antara Indonesia dan dunia Internasional pada umumnya.
• No Name : Bagaimana cara yang etis untuk menulis materi yang sama di jurnal yang berbeda misalnya di jurnal nasional dan internasional?
Mr. Lauder : Tergantung dari jurnalnya. Ada yang boleh ada juga yang tidak memperbolehkan jurnal yang sudah pernah di publikasikan sebelumnya.
• Rita, FMIPA : Jika proses publikasi sebuah karya memakan waktu selama empat tahun, apakah itu masih bisa dikategorikan sebagai new findings?
Mr. Lauder : Bisa saja. Selama belum ada yang membahas materi yang sama.
Kemudian acara diselingi dengan rehat kopi yang kemudian dilanjutkan materi tentang Hal-hal yang Perlu dan Tidak Perlu Dilakukan Dalam Penulisan Artikel Ilmiah (Lampiran 7 : 3 Demonstration on Citation Management), dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A dan dimoderatori oleh Fatma Lestari, PhD. Pada sesi ini ada 2 pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan yaitu :
• Rita, FMIPA : Untuk publish artikel ke jurnal internasional, apakah ada bantuan dari pihak lain untuk mengorganisirnya?
Mr. Lauder : Tidak ada. Karena ini adalah hanya antara saya (penulis), editor, dan publisher.
• Bondan, FT : Berapa penting hak paten dalam penerbitan jurnal internasional, apakah harus diminta pada publisher?
Mr. Lauder : Saya kurang tahu tentang hal itu. Tapi saya cenderung akan mengikuti hal-hal yang dilakukan orang lain pada hak paten mereka.
Sesi selanjutnya adalah materi tentang Penulisan Artikel Ilmiah dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar (Lampiran 8 : 2 Writing Research Articles (Ras) in English) dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A dan dimoderatori oleh Fatma Lestari, PhD. Sesi ke tiga ini ada 4 pertanyaan dari peserta yang diajukan oleh nara sumber yang terdiri dari :
• Dewi, FT : Mengapa End-Note tidak bisa diakses di Indonesia? karena itu, saya menjadi agak tidak bersemangat dalam menulis, karena sulit untuk mendapatkan jurnal-jurnal sebagai citation.
Mr. Lauder : Mungkin karena UI belum berlangganan End-Note. Walaupun begitu, jangan menjadikan itu sebagai alasan untu tidak menulis. Karena sayang sekali. Masih ada cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jurnal maupun pencarian citation. Misalnya dengan Pro-Quest. Mengenai End-Note, mungkin bisa dilaporkan kepada pihak UI bahwa anda sangat membutuhkannya, agar bisa ditindaklanjuti untuk berlangganan End-Note. Jika Demand nya besar, maka UI juga akan mempertimbangkan untuk berlangganan.
• No Name : Saat ni saya berlangganan dua buah jurnal hanya dengan biaya sekitar 2 – 3 juta per tahun untuk membership dan subscribe. Mungkin itu menjadi salah satu cara untuk get link dengan jurnal internasional?
Mr. Lauder : Ya, saya setuju dengan anda. Itu adalah cara yang baik untuk menjalin network dan get link ke jurnal internasional.
• Rianti, MIPA : Selain bahasa, kendala apalagi yang menjadi barrier bagi peneliti Indonesia untuk publish internasionally?
Mr. Lauder : Salah satu kendala lain yang terbesar adalah masalah perbedaan pola pikir antara audience dari jurnal lokal dan jurnal internasional. Dan kebanyakan peneliti Indonesia belum menyadari hal tersebut.
• A.Herman, FT : Apakah bisa kami meminta soft copy dari presentasi anda hari ini?
Mr. Lauder : tentu saja bisa. Anda bisa menghubungi panitia untuk mendapatkan soft copy dari presentasi saya.


Kemudian acara dilanjutkan dengan materi yang berisi tentang Kiat Penyampaian Artikel Ilmiah ke Jurnal Internasional oleh Helwis Tjhai perwakilan dari iGroup (Lampiran 9 : Guidelines for International Journal Contributors) dan dimoderatori oleh Dr. Yoki Yulizar. Dalam sesi keempat ini ada 2 pertanyaan dari peserta, yang secara lengkap dapat terangkum di bawah ini :
• Wellizar MIPA : Akses ke jornal elektronik di UI Sangay terbatas walaupun UI telah berlangganan Elsevier dan beberapa jornal on-line lanilla. Maka kami membutuhkan jornal Life Science juga untuk dilanggan oleh UI demi memperlancar penelitian dan pembelajaran baik mahasiswa maupun dosen. Untuk itu, bagaimana regulasinya untuk berlangganan?
Helwis : Untuk berlangganan jurnal bisa dilanggan dan dibayar oleh universitas atau perpustakaan. Selain itu, bisa juga dibayar sebagian oleh facultas atau departemen. Tergantung perjanjian yang dilakukan. Untuk saat ini, jornal yang dilanggan UI baru sebatas Bisnis dan Ekonomi, bisa jadi karena harga jornal lain terlalu mahal.
• No Name FT : Dimana kami dapat mendapatkan informasi tentang pengaksesan jurnal elektronik?
Jurnal-jurnal yang dilanggan UI terkadang bahkan seringkali sulit untuk di download. Apa penyebabnya?
Helwis : Informasi tentang jornal elektronik biasanya disebarkan melalui website dan milist.
Penyebabnya mungkin karena masa trial nya sudah habis. Mungkin juga karena ID nya salah atau telah berubah.
Selesai sesi keempat, acara selanjutnya adalah ISHOMA pukul 12.00-13.00 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan materi dari Dr. Terry Mart tentang Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional (Lampiran 10 : Pengalaman Publikasi di Jurnal Internasional) dan dimoderatori oleh Dr. Yoki Yulizar. Pada sesi ini ada pertanyaan dari peserta yang kami rangkum sebagai berikut :
• Budiarso DRPM : Biasanya jira kita sudah pernah mempublish artikel di statu comunitas /jurnal, maka selanjutnya kita cenderung akan publish ke jornal yang sama. Sebaiknya bagaimana? Apakah stick di satu tempat atau berbeda-beda?
Terry : biasanya kalau sudah sering publish di satu jurnal maka akan lebih mudah diterima di jurnal tersebut lagi.
• Yoki DRPM : Apakah di web site pribadi tidak boleh mencantumkan paper kita?
Terry : Boleh saja. Tetapi jadi membuka kemungkinan besar untuk di plagiat.
Pada sesi terakhir para peserta pindah ke ruangan komputer untuk melakukan penyusunan draft artikel dalam bahasa Inggris oleh masing-masing fasilitator yang telah ditunjuk, dengan penanggung jawab kegiatan ini adalah Dr. Yoki Yulizar dan Dr. Budiarso M.Eng.

Hari ketiga Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di buka oleh Bachtiar Alam, PhD selaku Direktur DRPM UI. Pelatihan hari ketiga dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB dan dihadiri oleh 66 peserta dari rumpun ilmu sosial-humaniora, yang terdiri dari 10 orang dari Fakultas Ekonomi, 12 orang dari Fakultas Hukum, 13 orang dari Fakultas Ilmu Budaya, 9 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8 orang dari Fakultas Psikologi, 10 orang dari Program Pascasarjana, dan 4 orang dari Pusat Studi Jepang. Pada sesi pertama materi yang diberikan adalah Dasar-Dasar Penulisan Artikel Ilmiah (Lampiran 11 : Getting Your research Published Internationally, 1 Strategies for getting your research article (RA) published internationally, 3 Targeting specific journals in your field : A demonstration ) dengan pembicara Abdul Fattah Lauder, M.A yang dimoderatori oleh Tirta N. Mursitama, PhD. Dalam sesi ini ada beberapa pertanyaan dari para peserta yang kami rangkum sebagai berikut :
• No Name : Dalam jurnal ilmiah, dimana kita meletakkan “findings” yang diperoleh dari penelitian?
Mr. Lauder : Bisa diletakkan di jurnal asalkan memang menjadi penjelasan umum.
• Bachtiar,DRPM : IMRD hanya satu model dari penulisan ilmiah diantara banyak bentuk lainnya. Bagaimana pendapat anda?
Mr.Lauder : Sebelumnya saya tekankan bahwa IMRD bukanlah struktur baku satu-satunya. Biasanya IMRD digunakan untuk jurnal-jurnal natural science.
• No name, F. Psi : Bagaimana dengan non-IMRD artikel? Karena agak aneh jika jurnal sejenis filosofi-psikologi memakai bentuk IMRD.
Mr.Lauder : IMRD itu tidak universal melainkan hanya salah satu bentuk penulisan saja. Tetapi mungkin ada juga dalam filosofi. Intinya tiap artikel mempunyai strukture tersendiri. IMRD itu hanya salah satu bentuk untuk menyederhanakannya. Dan IMRD adalah salah satu dari sekian banyak struktur yang ada.
• Citra, F.Psi : Berapa banyak kata yang lazim dipakai dalam indroduction part?
Mr. Lauder : Sekali lagi tergantung peraturan dari jurnal masing-masing.
Kemudian acara diselingi dengan rehat kopi yang kemudian dilanjutkan dengan materi yang diberjudul Hal-Hal Yang perlu dan Tidak Perlu Dilakukan Dalam Penulisan Artikel Ilmiah (Lampiran 12 : 3 Demonstration on Citation Management) dengan nara sumber Abdul Fatah Lauder, M.A yang dimoderatori oleh Tirta N. Mursitama, PhD. Ada beberapa pertanyaan dari sesi ini yang kami rangkum sebagai berikut :
• Riska, F.Psi : Pada bagian introduction, dapatkah dimuali dari sebuah fenomena atau harus perkembangan teori terlebih dahulu?
Mr.Lauder : Mari perhatikan stage-stage yang telah diterangkan yaitu stage satu, dua, tiga. Mulai dari subtopic, penjelasan yang general, dan baru masuk ke penjelasan yang spesifik.
• Rizka, F.Psi : Bagaimana dengan komposisi dar tiap section-section dalam jurnl ilmiah?
Mr. Lauder : Anda bias menjawabnya sendiri dengan membaca notifications for author pada setiap jurnal. Karena beda jurna beda pula aturannya.
• Olmes, FE : Dimanakah perbedaan antara overview pada bagian introduction jurnal ilmiah dengan di literature?
Mr. Lauder : Overview di introduction itu pengantar dari penjelasan general ke area yang lebih spesifik.
Dalam sesi ketiga materi yang diberikan adalah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar (Lampiran 13 : 2 Writing Research Articles (Ras) in English) dengan nara sumber yang sama yaitu Abdul Fatah Lauder, M.A dan dimoderatori oleh Tirta N. Mursitama, Ph. D. Ada beberapa pertanyaan dari sesi ini yang kami rangkum sebagai berikut :
• No Name : Bagaimana term-and condition dari penggunaan End-Note?
Mr. Lauder : Hal tersebut isa ditanyakan pada perpustakaan pusat UI.
• Hendri, FISIP : Apakah ada program lain untuk mengedit jurnal misalnya untuk edit body text?
Mr.Lauder : Ada tetapi mungkin belum dilanggan oleh UI. Laporkan saja kebutuhan anda kepada pihak yang berwenang, lalu mereka pasti akan mempertimbangkannya.

Acara diselingi dengan ISHOMA, pukul 12.00-13.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Kiat Penyampaian Artikel Ilmiah ke Jurnal Internasional yang diberikan oleh Helwis Tjhai dari iGroup (Lampiran 14 : Handout Hari Ketiga Sesi Keempat) dan dimoderatori oleh Bachtiar Alam, Ph.D. Dalam sesi keempat ini ada 2 pertanyaan dari peserta, yang secara lengkap dapat terangkum di bawah ini :
• Frieda, F.Psi : Apakah saat ini UI sudah bisa mengakses Elsevier?
Helwis : Ya bisa. Karena saat ini UI telah melanggan Elsevier dan beberapa jurnal online lainnya.
• Syamsul, FISIP : Saya pernah coba masuk Elsevier untuk mencari jurnal, tetapi jurnal yang saya maksud tidak tersedia. Dan itu bukan hanya satu tapi belasan jurnal yang saya cari tidak tersedia. Kira-kira jurnal apa yang lebih lengkap dari Elsevier ya?
Helwis : UI memang berlangganan Elsevier, namun tidak semua jurnal yang ada di Elsevier bisa diakses karena UI hanya melanggan sebagia jurnal di Elsevier, tidak seluruhnya.
Selesai sesi keempat, acara terhenti dengan adanya ISHOMA, pada pukul 13.00 WIB dan kemudian acara dilanjutkan dengan materi dari Bantarto Bandoro, SH., MA tentang Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional (Lampiran 15 : Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional) dan dimoderatori oleh Tirta N. Mursitama, Ph..D. Pada sesi ini ada pertanyaan dari peserta yang kami rangkum sebagai berikut :
• No name, FIB : Sebagai peneliti yang karyanya telah puluhan kali di published pada jurnal internasional, apakah anda bergerak di jurnal yang berbeda-beda atau dijurnal yang sama?
T. Mart : Saya bergerak di level komunitas. Karena dengan publish dijurnal yang bisa dikatakan dibaca oleh komunitas tertentu, karya saya akan tepat sasaran.
Pada sesi terakhir para peserta pindah ke ruangan komputer untuk melakukan penyusunan draft artikel dalam bahasa Inggris oleh masing-masing fasilitator yang telah ditunjuk, dengan penanggung jawab kegiatan ini adalah Dr. Yoki Yulizar, Tirta N. Mursitama, Ph.D dan Dr. Budiarso M.Eng.

Bimbingan Draft Artikel Tanggal 4-7 Agustus 2008

Kegiatan pelatihan sehari penulisan artikel ilmiah untuk jurnal internasional bertujuan agar para peserta bisa memasukkan tulisan artikel ke salah satu jurnal internasional. Oleh karena itu DRPM UI selaku lembaga penyelenggara pelatihan, berusaha untuk memfasilitasi kegiatan bimbingan artikel dalam bahasa inggris sampai pada tahap finalisasi. Sehingga para peserta perlu mengumpulkan kembali perbaikan draft artikel yang telah dikoreksi oleh para fasilitator sampi pada tanggal 1 Agustus 2008. Setelah itu peserta diundang kembali oleh panitia untuk melakukan finalisasi draft artikel bersama dengan para fasilitator. Kegiatan bimbingan diadakan pada tanggal 4-7 Agustus 2008, di tempat yang berbeda-beda untuk setiap rumpun ilmu fasilitator. Kegiatan bimbingan ini hanya diikuti oleh 32 peserta (dari pelatihan sehari tgl 21-23 Juli 2008), dengan jumlah draft artikel yang terkumpul sebanyak 33 Draft (terdapat pada lampiran B).

Pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2008 bertempat di ITTC Perpustakaan Pusat Lantai 2 kampus UI Depok, yang dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB dengan fasilitator Arianto Arief Patunru SE, MSc, PhD; Dr. Dra. Sulistyowati Suwarno M.A; Yetty Komalasari Dewi SH., ML.I; Prof. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng, Dr.Eng; Dr. Terry Mart; Ir. Wahidin Wahab, M.Sc., Ph.D; Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si; dan Bantarto Bandoro, SH., MA. Sedangkan pada tanggal 6 Agustus kegiatan bimbingan finalisasi diadakan di IASTH Kampus UI Salemba Lantai 1 mulai pukul 09.00-12.00 WIB, dengan fasilitator Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E, MS, Sp. Par (K) dan dr. Isnaini Azizah Salim Suryono, MS. Bimbingan pada hari terakhir diadakan pada tanggal 7 Agustus 2008 bertempat di Ruang Rapat DRPM UI lantai dasar Kampus UI Depok, yang dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB untuk fasilitator Prof. Dr. Melani Budianta dan pada pukul 14.00-17.00 WIB dengan fasilitator Prof. Budi Utomo, MPH, Ph.D. Kegiatan bimbingan ini hanya dihadiri oleh 9 peserta dari rumpun ilmu Kesehatan, 7 peserta dari rumpun ilmu Sains-Teknologi, dan 16 peserta dari rumpun ilmu Sosial-Humaniora.

0 komentar:

Poskan Komentar