SEPAKBOLA PROMOSI KESENIAN dan KEBUDAYAAN

Indonesia merupakan negara dengan seni dan kebudayaan yang sangat melimpah. Setiap daerah di Indonesia memiliki seni dan kebudayaannya masing-masing. Promosi kesenian dan kebudayaan dapat membuat turis lokal maupun mancanegara terpincut untuk datang ke daerah-daerah tersebut. Dengan banyaknya turis lokal maupun mancanegara yang datang untuk berlibur ke daerah-daerah akan memajukan perekonomian daerah yang juga mempengaruhi tingkat kemajuan perekonomian negara.
Namun kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh tiap daerah masih kurang mendapat perhatian Pemerintah Daerah. Tingginya dana yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah dari Anggran Pembelanjaan Daerah (APBD) menjadikan kegiatan promosi kesenian dan kebudayaan suatu daerah menjadi berkurang intensitasnya. Selain itu infrastruktur antar tiap daerah masih kurang cepat berkembang, khususnya di daerah tertinggal yang kebanyakan di daerah di Indonesia bagian timur.
Kegiatan promosi kesenian dan kebudayaan melalui cabang olahraga? Mengapa tidak. Olah raga sepakbola menjadi olah raga yang paling di gemari oleh rakyat Indonesia. Dapat dilihat dengan hanya menggunakan lapangan berukuran kecil maupun besar, beralaskan rumput maupun hanya tanah merah serta bermodalkan kumpulan kayu-kayu yang disatukan membentuk gawang yang dapat digunakan untuk bermain sepak bola. Bahkan tumpukkan sandal maupun kumpulan batu-batu telah membuat sebuah gawang yang menjadikan olah raga ini dapat berjalan.
Kompetisi sepakbola professional di Indonesia pun sudah cukup mempunyai nama untuk daerah se-Asia Tenggara. Bahkan kompetisi sepakbola di Indonesia merupakan kompetisi paling ramai karena fanatiknya penggemar di setiap tim yang berlaga. Dengan kompetisi sepakbola yang sudah begitu ramainya, kesenian dan kebudayaan pun dapat dipromosikan di dalam setiap pertandingan dengan cara menampilkan ajang kesenian dan kebudayaan sebelum kedua kesebelasan bertanding berupa tarian daerah dari tiap tim yang akan bertanding.
Cara lain yaitu dengan menggabungkan kesenian dan kebudayaan di setiap kostum tim sepakbola di tanah air tanpa mengurangi design baju sepakbola itu sendiri. Seperti pada bagian lengan kostum dengan menggabungkan unsur batik atau mungkin saja mencantumkan beberapa gambar ataupun nama kawasan pariwisata dari tiap tim sepakbola berasal.
Dengan begitu, secara tidak langsung sepakbola dapat mempromosikan kesenian, kebudayaan dan daerah pariwisata dengan tujuan menarik minat wisatawan lokal maupun asing (yang sedang berlibur atau bekerja di Indonesia) untuk datang ke daerah tiap tim yang mempromosikan kesenian dan kebudayaan daerah tersebut. Bila hal tersebut dapat terjadi, memungkinkan suatu daerah mendapat pendapatan yang lebih besar dimana pendapatan tersebut sebagian akan masuk kedalam kantong kas sebuah tim sepakbola. Selain pertandingan sepakbola di Indonesia terlihat lebih cantik juga dapat mendatangkan pemain yang berbakat dengan dana yang mumpuni.
Apalagi tim sepakbola Indonesia sekarang telah mendapat jatah untuk bertanding di ajang internasional. Dengan menggabungkan unsure kesenian dan kebudayaan daerah pada tiap kostum diharapkan para wisatawan asing (setidaknya) mengetahui bahwa Indonesia tidak hanya sekedar Bali, melainkan daerah lain pun mempunyai kesenian, kebudayaan dan tempat pariwisata yang sangat indah.
Di cabang olaraga lain pun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu semua pihak dapat ikut andil untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah di Indonesia tanpa menggunakan sejumlah dana yang tinggi untuk mempromosikan daerahnya untuk di datangkan oleh para wisatawan.

0 komentar:

Poskan Komentar