PARA PELAHAP KALKUN DUNIA

Jika menyangkut konsumsi kalkun per orang. Israel memimpin dunia: melampaui 15 kg setahun. Israel membawa masuk kalkun dari AS pada 1950-an. Di negara yang daging merah mahal dan daging babi tak halal itu, kalkun bisa dihidangkan dengan banyak cara.
Penulis kuliner di Jerusalem, Barbara Soler, mencontohkan schnitzel dan kebab kalkun. Kalkun juga dipotong dengan sedemikian rupa agar terliha tseperti daging domba. Serangan flu burung beberapa tahun yang lalu pun tak menyurutkan animo.
AS juga mengkonsumsi banyak kalkun, membiakkan 272 juta kalkun setahun. Unggas itu adalah spsies asli, dijinakkan dari kalkun liar. Yang menurut Ben Franklin seharusnya menjadi symbol nasional. Kini, kalkun betina menjadi makanan hari raya-dipotong saat beratnya hamper 7 kg. kalkun jantan mencapai 18 kg.
Kalkun di kembangbiakkan begitu luas, mereka harus diinseminasi secara buatan. Diperdebatkan IQ kalkun, “Secerdas burung mana pun,” kata dokter hewan Iowa State University, Darrel Trampel. Namun, ahli genetika unggas Israel Gaddi Zeitlin menyatakan, “Kalkun amat tolol!”
Nggak dijelaskan gimana proses psikoters kalkun-kalkun itu (Marc Silver / National Geographic)
Pemakan Kalkun Tertinggi (Kg per kapita, 2005)
1. Israel 15,7
2. Slovakia 14,2
3. Amerika Serikat 7,3
4. Prancis 6,2
5. Hungaria 5,8
6. Grenada 5,5
7. Dominika 5,1
8. Irlandia 5,1
9. Samoa 5,1


Sumber : National Geographic Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar